Rabu, 14 November 2012

CARA MEMBUAT KERAJINAN


Cara Membuat Kerajinan dari Barang Bekas


Semakin hari, kita seperti disuguhi dengan pemandangan plastic-plastik bekas di sana-sini yang sebentar saja cukup untuk membuatnya menjadi gunungan sampah yang sempurna. Kita kah yang mencipta sampah-sampah itu? Tentu saja, manusia adalah konsumen terbesar di bumi ini, apalagi sampah plastik adalah bahan yang sulit untuk dimusnahkan. Ditimbun, akan mencemari tanah, dibakarpun tentu menimbulkan polusi udara karena asap plastic yang hitam pekat mengandung banyak karbondioksida yang tak baik bagi tubuh.
Sebenarnya, bukan tidak bisa mengelola plastik agar tidak mencemari lingkungan. Boleh saja memakai plastik sebagai pendukung keperluan sehari-hari, asal kita dapat meminimalisir pencemaran yang disebabkan oleh sampah plastik ini. Saat sampah plastik sudah dapat menjadi kerajinan dan bahkan telah menjadi produk fashion tersendiri yang dikenal dengan Trashion. Trashion artinya fashion dari sampah/ barang daur ulang.Dengan menjadi trashion nanti, produk kerajinan daur ulang sampah kering akan bisa dinikmati tidak saja kalangan masyarakat menengah ke bawah tapi juga kalangan menengah atas yang biasanya sangat memperhatikan kualitas produk kerajinan yang akan dibeli.
Nah, berikut beberapa alternative cara mengolah sampah plastik menjadi kerajinan
·         Pertama, pisahkan sampah kering dan sampah basah pada tempat sampah terpisah.
·          Lalu bersihkan, sampah kering hasil pemisahan, seperti bungkus minuman ringan seperti kopi, susu dan mi instan,dll.
·         Setelah itu plastik-plastik yang telah dicuci dan dikeringkan kemudian potong menjadi lembaran-lembaran.
·         Setelah terpotong lembaran, satukan plastik dengan lem/dijahit agar didapat bahan yang sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan.
·         Menyatukan plastik dapat dilakukan sesuai selera masing-masing, bisa dari motifnya, warnanya, dll.
·         Setelah disatukan, kemudian dipotong sesuai dengan pola dan dapat dijahit sesuai dengan pola tersebut.

Berikut adalah satu contoh cara pembuatan kerajinan plastik yang paling sederhana, cukup menggunakan sedotan plastic dan botol bekas yang ada di sekitar Anda.
Alat :
GuntingCutterlem
Bahan :
Sedotan
lidi atau kawat yang agak besar (diameter ±2 mm)
kertas krep atau dapat diganti dengan kertas pita
bekas botol plastic sebagai tambahan aksesoris
Cara Membuat :
·         Potong sedotan kira-kira panjang ± 10 cm
·         Setelah itu belah ujung sedotan jadi empat bagian
·         Kemudian kesut sedotan yang telah dibelah hingga didapat bentuk yang lebih mekar dan agak lemas.
·         Lalu gunting tiap ujung sedotan yang telah dikesut, membentuk lancip menyerupai bentuk kelopak bunga asli
·         Satukan beberapa (4-5 buah) sedotan yang telah dipotong lancip tersebut kemudian digabungkan menjadi satu sehingga berbentuk bunga sedang mekar.
·         Bunga-bunga mekar dapat disatukan dengan kawat/lidi yang dibalut kertas krep/pita warna-warni.
·         Untuk ornament daunnya, kita bisa membuat dari potongan kertas pita atau dari potongan bekas gelas  plastik
·         Ulang cara yang sama, untuk membuat tangkai – tangkai bunga selanjutnya.
·         Bunga-bunga plastic siap dirangkai ke dalam pot bunga yang telah diisi spoon/ busa.

Video Bank Sampah untuk Kerajinan

Video berikut adalah bank sampah yang ada di Bali. di Bank sampah, sampah-sampah dikumpulkan untuk kemudian diseleksi dan didapat sampah yang layak pakai untuk diolah menjadi kerajinan.
(iyha/Carapedia)


Pencarian Terbaru (100)
Kerajinan dari barang bekas. Cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas. Cara membuat kerajinan tangan dari sedotan. Cara membuat kerajinan tangan dari botol bekas. Cara membuat kerajinan dari barang bekas. Kerajinan tangan dari barang bekas dan cara membuatnya. Kerajinan dari bahan bekas.
Keterampilan dari barang bekas. Kerajinan dari sedotan. Kerajinan barang bekas. Cara membuat kerajinan dari bahan bekas. Daur ulang barang bekas. Cara membuat keterampilan dari barang bekas. Cara membuat kerajinan dari botol bekas.
Cara membuat bunga dari sedotan plastik. Cara membuat prakarya dari barang bekas. Contoh kerajinan tangan dari barang bekas. Cara membuat barang dari barang bekas. Membuat barang dari barang bekas. Cara membuat kreasi dari barang bekas. Cara membuat bunga plastik.
Cara membuat kerajinan tangan dari bahan bekas. Kerajinan tangan dari barang bekas. Keterampilan tangan dari barang bekas. Keterampilan dari bahan bekas. Cara membuat barang daur ulang. Cara membuat barang bekas. Contoh kerajinan dari barang bekas.
Kerajinan tangan dari botol bekas. Cara membuat kreasi dari sedotan. Cara mendaur ulang barang bekas. Kerajinan dari bahan bekas dan cara membuatnya. Prakarya dari bahan bekas. Contoh daur ulang barang bekas. Kerajinan dari botol bekas.
Cara membuat benda dari barang bekas. Kerajinan tangan sederhana. Pengertian daur ulang. Cara membuat kerajinan daur ulang. Kreasi dari bahan bekas. Kerajinan tangan dari barang bekas dan cara pembuatannya. Cara membuat aksesoris dari barang bekas.
Cara membuat hiasan dari barang bekas. Cara membuat kerajinan tangan dari kardus bekas. Cara mengolah barang bekas. Cara membuat kerajinan tangan dari botol plastik bekas. Contoh keterampilan dari barang bekas. Prakarya dari barang bekas dan cara membuatnya. Keterampilan tangan sederhana.
Cara membuat kerajinan tangan sederhana. Pemanfaatan barang dan bahan bekas menjadi hiasan. Membuat kerajinan tangan dari barang bekas. Cara membuat daur ulang barang bekas. Kerajinan dari plastik bekas. Kerajinan dari sampah. Daur ulang barang bekas menjadi kerajinan.
Kerajinan tangan dari bahan bekas dan cara pembuatannya. Ketrampilan dari barang bekas. Kerajinan dari botol aqua. Contoh kerajinan tangan dari barang bekas dan cara membuatnya. Cara membuat bunga dari barang bekas. Kerajinan dari plastik. Hiasan dari barang bekas.
Membuat prakarya dari barang bekas. Membuat keterampilan dari bahan bekas. Kerajinan barang bekas aqua. Membuat kerajinan dari bahan bekas. Cara membuat kerajinan tangan dari sedotan plastik. Kerajinan tangan dari kardus bekas dan cara membuatnya. Membuat kerajinan dari sedotan.
Kerajinan tangan dari botol aqua bekas. Cara membuat prakarya dari sedotan. Cara membuat keterampilan dari bahan bekas. Cara mengolah barang bekas menjadi kerajinan. Cara membuat kerajinan barang bekas. Cara membuat kerajinan dari sedotan plastik. Cara mengolah sampah plastik.
Pengertian keterampilan kerajinan. Cara membuat kreasi dari botol plastik. Mendaur ulang barang bekas. Prakarya barang bekas. Cara membuat benda daur ulang. Cara membuat barang dari bahan bekas. Membuat keterampilan dari barang bekas.
Kerajinan dari barang bekas botol. Kerajinan bahan bekas. Kreasi dari botol bekas. Cara membuat kerajinan dari plastik bekas. Cara daur ulang barang bekas. Cara mengolah bahan bekas. Cara membuat kerajinan dari sampah plastik.
Kerajinan tangan dari sedotan plastik. Cara membuat kerajinan tangan dari botol plastik. Kerajinan dari barang bekas koran. Prakarya sederhana. Pengertian keterampilan. Kerajinan dari bahan daur ulang. Kreasi botol bekas.
Kerajinan dari kaleng bekas. Cara membuat kerajinan bunga dari sedotan.  


 cara membuat bunga renda/pita organdi

bahan renda/pita organdi,,
 
1, potong renda satu ukuran 30cm yg satu 40cm,
2,  jait jelujur renda,trus kerut rendanya,satukan ujung2nya.



lalukan pada ke dua potongan renda.


3,  buat bunga dari pita,potong-potong menjadi 6 potong,lalu lipat dan buat kelopak-kelopak bunga,lalu satukan.



4, beri mutiara imitasi pada rangkaian pita,beri akrilik kecil-kecil disekelilingnya.



5, Setelah itu beri lem pada kerutan renda yg besar,lalu tumpuk dengan yg lebih kecil,beri lem lalu tumpuk dengan bunga pita.



6, Korsase renda ini bisa dipakai untuk hiasan bando atau dompet,bros dll



Cara Membuat Boneka Dari Clay

Hallo.. Sekarang, mulai lagi main-main dengan hobby. Ini cara Sita membuat boneka dari clay tepung. Cara dan resep bukan hal baru karena didapat dari buku-buku tentang clay yang ditulis oleh Monica H. Hariboentoro dan Indira. Tips-tips tambahan seperti memakai campuran tepung untuk clay yang terlalu lengket, pakai body lotion untuk clay yang terlalu keras didapat setelah sering 'main-main' dengan clay tepung. Peralatan lain: lem putih, lidi atau tusuk gigi, selembar plastik untuk alas kerja, cat warna kulit dan warna lain untuk baju, sepatu dan rambut Lapisi permukaan meja tempat kita bekerja dengan selembar plastik. Gunanya supaya clay tepung tidak menempel pada permukaan meja dan mempermudah pekerjaan kita membuat boneka atau bentuk-bentuk lain. Apabila dirasa perlu, taburkan sedikit resep kering adonan clay (3 jenis tepung dan benzoat) di atas plastik agar adonan clay tidak mudah menempel. Pertama-tama, kita bikin badan boneka dulu. Ambil clay, bentuk seperti gambar di atas. Apabila boneka yang mau dibuat berukuran di atas 3 cm dari kaki ke kepala, maka dibutuhkan semacam rangka / penyangga untuk kepala, kedua kaki dan bila diperlukan juga penyangga untuk kedua tangan. Boneka yang mau aku buat ini ukurannya dari ujung kepala ke ujung kaki 8,5 cm jadi aku pakai lidi untuk rangka penyangga. Selain lidi, tusuk gigi atau kawat juga bisa dipakai Tusukkan satu batang lidi ke ujung runcing badan boneka(gambar di atas), tusukkan hingga kira-kira 1/3 atau 1/2 ke dalam badan boneka. Jemur atau angin-anginkan beberapa lama hingga bagian badan boneka ini cukup kering. Beri sedikit lem putih untuk menempelkan kepala ke badan (gambar kiri atas). Pakai tusuk gigi atau lidi untuk membubuhkan lem secara rapi. Ambil clay untuk kepala, bentuk bundar lalu tusukkan ke badan boneka (lihat gambar). Apabila memakai cetakan dari sedotan untuk mulut, lakukan sekarang pada saat adonan bagian kepala masih basah. Lakukan hal yang sama untuk bagian mata apabila memakai manik-manik sebagai matanya. Pada boneka ini mata dan mulutnya digambar pakai spidol permanen / permanent marker, jadi bagian itu dilakukan nanti pada saat kepala bonekanya sudah benar-benar kering. Ambil sedikit clay untuk hidung. Bentuk bundar. Beri setitik lem putih memakai bantuan tusuk gigi di wajah boneka dimana hidung akan dilekatkan. Lekatkan hidung boneka, buat lubang hidungnya memakai ujung tusuk gigi. Ambil sebagian kecil clay untuk telinga, bentuk bundar. Lekatkan di kepala dengan setitik lem putih, tekan sisi telinga yang melekat pada kepala. Menekannyai bisa pakai bantuan ujung lidi atau tusuk gigi dibagian tumpulnya. Atau memakai alat khusus clay. Setelah itu diamkan boneka mendatar di atas meja selama pengeringan. Buat dua pipa dengan panjang dan ketebalan yang sama untuk kaki boneka. Tusukkan pada lidi untuk kaki (gambar atas). Usahakan supaya lidi tetap berada di tengah-tengah bagian kaki. Tusukkan sepasang lidi pendek di kedua ujung kaki (spt gambar atas). Biarkan hingga seluruh bagian ini (kepala, badan dan kaki) hingga benar-benar kering. Sementara itu ambil adonan clay untuk sepatu. Bagi menjadi dua bola berukuran sama. Letakkan di atas permukaan yang rata sambil membentuk satu ujungnya sehingga menjadi seperti gambar atas kanan. Tekan bagian yang lebih kecil dengan ujung kelingking sehingga permukaannya menjadi lebih rendah dari bagian sepatu yang lebih besar. Tusukkan ujung kuas atau lidi tebal ke dalam sepatu boneka. Bagian ini nantinya akan dilekatkan pada lidi yang menempel di kaki bagian bawah. Biarkan sebentar di atas permukaan yang rata hingga sepasang sepatu boneka ini menjadi cukup kering (rupanya mirip sepatu Mickey Mouse ya?). Setelah sepatu terpasang, boneka clay akan tampak seperti di atas. Usahakan untuk mengeringkan boneka dalam keadaan berdiri (tapi bagian ini agak sedikit untung-untungan ... Kadang-kadang bonekaku bisa berdiri tegak tapi kadang-kadang nggak sukses dan terpaksa harus ditambahkan standar dari clay kalau mau bonekanya bisa berdiri). Buat rok dengan menggiling clay (di sini aku pakai botol gelas bekas sirup) membentuk persegi panjang. Potong pinggir-pinggirnya dengan pisau sehingga bentuk persegi panjangnya rapi. Beri lem di tengah-tengah badan boneka bagian depan. Tempel bagian tengah rok di sini, lalu tempel sepanjang sisi atas rok ke badan boneka sampai kedua ujung rok bertemu di badan bagian belakang. Clay bisa sedikit ditarik-tarik kalau panjang roknya kurang. Biarkan kering seperti gambar di atas. Bentuk lengan seperti gambar kiri atas. Membentuk jari-jari dengan bantuan ujung pisau yang tajam dan lancip. Buat lengan bajunya. Tempelkan lengan memakai lem putih ke bahu boneka. Sekarang boneka clay tepung menjadi seperti di atas. Bagian yang diberi lem pada lengan adalah di pangkal dan diantara kedua tangan. Sebatang sedotan plastik yang sudah dibedakkin sedikit tepung disisipkan di lengan kiri boneka karena nantinya boneka ini akan memegang sesuatu di bagian tersebut. Pasang rambut dan keringkan. Untuk boneka sebesar ini (8,5 cm) dibutuhkan waktu yang lama untuk mengeringkan. Waktu pengeringan juga dipengaruhi keadaan cuaca. Boneka ini makan waktu hampir 3 hari untuk benar-benar kering (dan cuacanya sekarang sedang panas bangets! Kalau cuaca mendung mungkin butuh waktu lebih lama...So, sabar aja ya Gambar mata dan mulutnya memakai pensil terlebih dulu lalu kalau sudah puas baru pakai spidol permanen. Boneka ini tidak di vernis (dibuat mengilat). Warnai sepatunya memakai cat air, cat poster atau cat akrilik.

Kamis, 07 Juni 2012

bros rajut bunga + daun

assalamualaikum sahabat,, apa kabarnya hari ini,, semoga baik-baik aja yaaa,, n selalu semangat menjalani hari yang semakain hari semakin keras ini,,,,ngomong2 soal semangat,, aku lagi kehabisan semangat nie,, gak tau kenapa kok jadi lemes gini,, karna gak sarapan kali yaaa( eh kog malah curhat sich,, tapi gak apa-apa dech,, biar agak plong otakku nie coz lagi mumet lagi mampet, mungkin kelamaan didepan monitor kali yaaa, jadi puyeng2 gimanaaa gitooou,, hehe (sempet2nya ketawa),, mending posting aja kali yaa biar agak mendingan, soalnya mataku kalau lihat rajutan tu langsung ngejreng, otaknya juga langsung On,, ho ho kalau sahabat gimana?,, duh kelamaan cas cis cusnya langsung aja dech kita kembali ke lap top (pel atas) hihi, tu ka becanda lagi,, ni dia rajutan terbaru dariku, bros rajut bunga + daun, gimana cantiq gak sahabat rajut ? ( mulai sekarang aku nyebut pembaca gak cuma sahabat doang, tpi ada tambahan rajut biar afdol, gitu). bros ini aku buat berdasarkan pesanan dari temennya sepupu aku,, emang belakangan ini nita udah mulai terima pesanan rajut, itu cuma sebatas bros doang , karna masih belum pandai bikin yang laen , harap maklum ya , masi newbie,,hee gak apa2 dech biarpun masih newbie,, akumasih tetap semangat buat blogging,, keep blogging,,,,

Bros bunga rajut cantik dan imut

assalamualaikum sahabat,,, selamat pagi semuanya, apa kabar sahabat hari ini,,harus baik sehat dan semangat, kita kan wanita tangguh yang selalu semangat dan berhiaskan senyuman,,,kita harus menjadi pelangi di pagi hari yang menebarkan arona keindahan, kita kita harus menjadi hangat sinar pagi yang menghangatkan jiwa tuk memulai hari. Bersama dengan hangatnya semangat pagi ini, saya ngin berbagi sesuatu dengan sahabat, sesuatu yang selalu menemani hari-hariku , sesuatu yang menghadirkan kebahagiaan untuk saya sesuatu yang nita inginkan keindahannya di hari depan nanti. Lebaaaay, hehe gak apa2 deh sekali2 ya udah deh kelamaan ngoceh nih,,,langsung aja sayaakan posting artikel yang tak lain dan tak bukan pastinya tentang rajutan sebenerny bukan rajutan sich namanya tapi merendaBerhubung orang indonesia kurang familiar dengan kata merenda dan orang rata-rata menyebut hasil kreasi renda itu dengan sebutan rajutan, jadi saya putuskan untuk menyebutnya rajutan biar gak pada bingung nantinya. Bros bunga rajut ini adalah pesanan temannya adik saya, ini pertama kalinya aku terima pesanan rajutan. Sebenarnya udah lama sich aku pengen punya penghasilan dari hasil rajutan berhubung aku masih pemula dan hasil kreasiku belum terlalu bagus, yaaa hanya standar bros bunga kaya gini yang aku bisa, maklumlah masih newbie. Selalu aja ngaku newbie padahal udah bertahun tahun belajar ngerajut emang dasar akunya aja yang gak pandai-pandai hehehehehe. di bawah ini aku akan paparkan alat dan bahan serta cara pembuatan bros rajut cantik ini. @. alat & bahan 1. benang wol 2. hakpen / jarum renda 3. peniti 4. kancing 5. jarum jahit 6. kain flanel 7. benang jahit @. cara membuat 1. bros bunga rajut merah * buat setik rantai (ch) sebanyak 9 rantai lalu 21 kait ganda (dc) * buat 35 ch lalu buat 5 ch yang di selipkan pada setiap lima ch. * kelopak pertama,buat 3 ch untuk tiang lalu buat 5 half treble crochet (htr) setiap 1 htr dibuat lebih panjang dari pada htr sebelumnya sampai htr ke 3 kembali menurun sehingga berbentuk lengkungan lalu di tutup dengan 3 ch untuk tiang. ulangi cara yang sama sampai 7 X. * kelopak ke dua buat 6 ch selipkan di antara kelopak sebelumnya. * buat 4 ch untuk tiang lalu buat 7 htr, lakukan seperti cara pada (*) ke 3. * kelopak ke 3 buat 7 ch selipkan di antara kelopak sebelumnya. * buat 5 ch untuk tiang lalu buat 9 htr lakukan seperti cara pada (*) ke 3. * pasang kancing di tengah bunga dengan cara menjahitnya. * pasang peniti pada kain flanel yang telah di potong bundar. * tutup bagian belakang bros yang sebelumnya telah di isi dengan kapas menggunakan kain flanel yang telah di pasang penitinya di lalu jahit sekeliling kain flanel menggunakan benang dan jarum jahit untuk menyatukan kain flanel dan bros. * jadi deeeeh. 2. bros bunga rajut coklat Pada pembuatan bros bunga coklat ini caranya sama dengan membuat bros rajut bunga merah hanya bundaran tengahnya saja yang berbeda. *). buat 15 ch lalu buat 3 ch untuk tiang lalu buat 5 half treble crochet (htr) setiap 1 htr dibuat lebih panjang dari pada htr sebelumnya sampai htr ke 3 kembali menurun sehingga berbentuk lengkungan lalu di tutup dengan 3 ch untuk tiang. ulangi cara yang sama sampai 5 X. *). lakukan lakukan seperti cara pada bros rajut bunga merah ( dari * ke 4 sampai selesai) Okkeh sahabat,, itu dia sedikit tutorial tentang cara membuat bros bunga rajut cantik nan sed erhana, semoga bermanfaat. wasalam.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar